Baca Dulu Sebelum Ikut Pelatihan Administrasi Perkantoran di BBPVP Semarang

Hai, ini cerita pengalaman aku ikut pelatihan di BBPVP Semarang pada bulan Juli 2022. Kalian daftar juga? Mungkin ceritaku bisa jadi sedikit referensi untuk kalian.

Awalnya aku menemukan info pelatihan di akun ig bbpvpsenarang, aku tertarik mendaftarkan diri dengan mengikuti panduan pendaftaran melalui aplikasi siskernaker. Setelah mengisi form dan konfirmasi pendaftaran, aku masuk grup wa. Disana akan ada informasi untuk tahapan tesnya.

Tes pertama adalah tes potensi akademik secara online dari rumah masing masinh. Kita bisa mengisi tes melalui laptop ataupun hp. Tes potensi akademik ini terdiri dari beberapa soal pilihan ganda yang mencakup tes numerik, matematik, bahasa, dan psikologi gambar. Biasanya tes dimulai pagi hari sekitar pukul 9 dan waktu pengerjaan tes 1 jam. Kalau ditanya susah atau ga, ya relatif ya.

Setelah tes selesai, sore harinya langsung muncul daftar peserta yang lolos. Peserta yang lolos selanjutnya mengikuti tes wawancara di keesokan harinya. Tes wawancara juga dilakukan secara online, peserta akan dihubungi melelaui panggilan video whatsapp. Berdasarkan pengalamanku pertanyaan pada tes wawancara seputar kegiatan saat ini apa, tinggal dimana, background pendidikan, mengapa ingin ikut pelatihan tersebut dan sudah bisa ms office apa saja. Namun perlu digaris bawahi bahwa tiap peserta mungkin akan ditanyai pertanyaan yang berbeda bergantung pada pewawancara yaa.

Tes wawancara itu adalah tes terakhir, dan kemudian keesokan harinya sudah ada pengumuman daftar peserta yang lolos. Nah jurusan administrasi perkantoran ini banyak banget peminatnya ya, ada sekitar 160 an kalo ga salah inget, lolos tahap tes potensi akademik, tapi cuma 16 orang aja yang lolos sampai tes wawancara.

Peserta yang lolos sampai tahap akhir kemudian diminta melakukan daftar ulang secara online, kemudian mengumpulkan berkas ke kios 3in1 yang ada di gedung bagian depan kantor BBPVP Semarang. Berkasnya meliputi surat pernyataan bermaterai, fc ktp, fc ijazah dan pas foto.

Hari H mulai pelatihan, semua peserta datang dengan dresscode yang sudah ditentukan. Mengikuti serangkaian acara pembukaan di gedung cat walk. Kemudian selanjutnya diisi materi pembekalan terkait tata tertib, pembagian ruang kelas, serta ATK.

Jadi aku ikut pelatihan yang non boarding. Pelatihan setiap senin s.d jumat, ada apel setiap hari pukul 7.30 nah ini jangan sampai telat karena akan ada hukumannya.  Pulang pukul 15.15 dan istirahatnya 2x jam 10.00-10.15 isoma pukul 12.00-12.45, kita dapat makan siang gratis yaa, menunya enak kok ada nasi sayur lauk dan es. Setelah makan siang sendok dan gelasnya dicuci sendiri sendiri.

Materi pelatihan di pengelola administrasi perkantoran ada 14 unit yang diberikan selama 1 ½ bulan pelatihan. Materinya akan ada seperti kas kecil, arsip, komunikasi, k3, bahasa inggris, penggunaan software komputer dan sebagainya. Alhamdulillah aku dapat pelatih yang super asik, santai dan menyenangkan. Jadi pelatihannya ga tegang sama sekali, tapi mungkin kadang ngantuk hehe. Teman sekelas juga asik asik, ada yang lulusan SMA, SMK, D3, S1. Kalau ada yang kesulitan dalam pelatihan juga saling bantu.

Kelas yang digunakan juga bagus, bersih berAC. Tiap hari akan ada piket kelas yang sudah dibagi jadwalnya. Oh iyaa kita juga dapat 3 seragam, 2 seragam batik yang dipakai hari senin-kamis dan 1 seragam olahraga dipakai hari jumat. Biasanya untuk jurusan bisman akan diseragamkan juga kerudungnya sesuai kesepakatan kelas.

Oh iya pada pekan ke 2 biasanya ada LDK selama 2 hari di jumat-sabtu. LDK ini diikuti 1 kloter tahap pbk saat itu jadi ada sekitar 8 kelas yang ikut, rame banget. LDK pada tahap yang aku ikuti menyenangkan, isinya pelatihan PBB ringan dan kebanyakan outbound, dan malam harinya akan ada pensi yang harus ditampilkan tiap kelas. Asik banget. Tidurnya cukup nyaman, bisa mandi 2x sehari dan makannya juga enak hehe. Kalau ga ikut LDK karrna suatu alasan rugi banget, karena dikasi tugas banyak :(

Nah LDK tu menyatukan kelas banget ya, jadi makin kompak dan saling kenal temen sekelasnya. Aaa PAP PBK5 LOVE YOU GAYS. Tapi gatau ya sekarang modelan LDK nya macam apa, karena sepengetahuanku tiap tahap bisa berbeda konsep LDK nya.

Balik lagi ke pelatihan, jadi selama pelatihan kita ada teori dan prakteknya, nah teori biasnya ngantuk sih, tapi kalau praktek seru. Oh iya, kalau pas materi kas kecil, arsip harus betul betul paham ya, sebisa mungkin semua latihan dan tugas kita kerjakan sendiri, karena di akhir pelatihan akan ada ujian kompetensi yang mana kita ga bisa tanya tanya, udah pada fokus sama ujiannya masing masing. Ujian kompetensi tahapku dikasi 1 bendel soal yang isinya tentang surat, arsip, kas kecil, powerpoint, tes esai dan wawancara. Waktu pengerjaannya dibatasi sekitar 3 jam aja. Jadi memang harus terlatih, maka selama pelatihan kita kudu paham, kalo belum paham tanya.

Menurutku materi pelatihannya masih basic tidak terlalu sulit, eh atau ekspektasiku yang ketinggian hehe. Yaa arsip dan kas kecil itu hal baru yang belum pernah aku dapat, tapi tidak susah kok.

Setelah ujian selesai maka selesai sudah masa pelatihaaan. Tinggal nunggu sertifikat bnsp jika kita dinyatakan kompeten. Sampai sini dulu ceritaku, kalau ada yang mau ditanya bisa komen yaa.

Komentar